Monday, February 15, 2010

sejarah singkat web

setelah perang dunia ke-2 seseorang bernama Vannevar Bush mendirikan sebuah organisasi ARPA. Disini lah sejarah internet pertama kali dimulai. jaringan ARPANET terus berkembang, teknologi jaringan komputer lainpun terus berkembang dan bermunculan. akan tetapi mereka tidak bisa berhubungan satu sama lain karena mereka menggunakan protokol atau standar pengiriman data yang berbeda-beda tiap jaringannya.

Baru pada tahun 1974, Vint Cerf (juga dikenal senagai sebagai "bapak Internet"), bersama dengan Bob Kahn, menulis sebuah protokol baru, TCP (Transmission Control Protocol) yang akan menjadi standar yang diterima seluruh dunia. Implementasi TCP memungkinkan berbagai jaringan untuk menghubungkan ke internet sesungguhnya.

pada 1970an Ted Nelson menemukan istilah "hypertext," yaitu sebuah sistem untuk menghubungkan dokumen nonlinear. dengan menggunakan hypertext, Tim Berners-Lee menciptakan sebuah cara baru berinteraksi dengan Internet pada tahun 1990, yaitu World Wide Web. Sistem nya membuat lebih mudah untuk berbagi dan menemukan data di Internet. World Wide Web lebih lanjut ditambah oleh orang lain yang menciptakan perangkat lunak baru dan teknologi untuk membuatnya lebih fungsional. Sebagai contoh, Marc Andreesen menciptakan sebuah browser baru bernama Mosaic dan kemudian memimpin tim yang menciptakan Netscape navigator.

beberapa bagian dari sejarah internet:
DARPA atau Defense Advanced Research Project Agency adalah sebuah organisasi milik Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang memiliki tanggung jawab pengembangan teknologi baru yang akan digunakan oleh militer. DARPA bertanggung jawab dalam pendanaan pembangunan jaringan komputer serta NLS. DARPA dahulu bernama ARPA.
IP Address (Internet Protocol Address) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet.
TCP (Transmission Control Protocol)adalah suatu protokol yang berada di lapisan transpor (baik itu dalam tujuh lapis model referensi OSI atau model DARPA) yang berorientasi sambungan (connection-oriented) dan dapat diandalkan (reliable)
FTP atau File Transfer Protocol adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
WAIS atau Wide Area Information Server merupakan arsitektur client/server untuk memberikan interface untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengguna berdasarkan informasi dalam database besar yang dapat secara fisik jauh dari satu sama lain dan pengguna
Gopher merupakan TCP / IP protokol lapisan aplikasi yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan mengambil dokumen melalui Internet, dan merupakan pendahulu, dan kemudian, sebuah alternatif untuk World Wide Web.

World Wide Web Consortium (W3C) adalah sebuah komunitas internasional di mana Anggota organisasi, staf penuh-waktu, dan masyarakat bekerja sama untuk mengembangkan standar Web. Dipimpin oleh penemu Web Tim Berners-Lee, misi W3C antara lain untuk memimpin Web untuk secara maksimal. Kita dapat bergabung dengan grup W3C, berpartisipasi dalam blog W3C ataupun diskusi W3C lainnya.

0 comments:

Post a Comment