Friday, February 19, 2010

web architecture

untuk membangun sebuah website sama saja seperti membangun sebuah gedung, yaitu membutuhkan sebuah teknik arsitektur atau menurut wikipedia biasa disebut arsitektur web untuk melakukan pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs web itu sediri. arsitektur web melibatkan teknis, estetika dan kriteria fungsional. seperti dalam arsitektur pada umumnya, fokus arsitektur web yaitu pada pengguna dan kebutuhan pengguna.

bagian-bagian dari arsitektur web yaitu :

HyperText Transfer Protokol (HTTP) yaitu suatu protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web). HTTP mentransfer pesan untuk diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.

Uniform Resource Identifier (URI) yaitu sebuah alamat yang menunjuk ke sebuah resource di internet. URI biasanya terdiri dari skema yang diikuti dengan alamat, formatnya skema://alamat.resource.

HyperText Markup Languange (HTML) adalah adalah standar bahasa penulisan halaman web yang sudah digunakan secara luas yang berupa bahasa markup dan dikendalikan penggunaannya dikendalikan oleh konsorsium world wide web atau W3C.

eXtended Markup Languange (XML) adalah bahasa markup yang dugunakan untuk menyimpan data yang tidak memerlukan program atau tools tertentu seperti editor, dbms, compiler, dsb. XML memiliki tujuan perancangan yang berbeda dengan HTML, yaitu HTML digunakan untuk menampilkan informasi, sedangkan XML digunakan untuk membawa suatu informasi, atau menjadi sebuah dokumen atau data.

eXtensible Stylesheet Languange Transformations (XSLT) adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan dari bahasa XML untuk transformasi dokumen XML menjadi dokumen XML lainnya atau pun dengan format lain. transformasi tidak mengubah dokumen asli, melainkan menghasilkan dokumen baru berdasarkan dokumen asli. 

JavaScript merupakan sebuah bahasa pemrograman web yang di kembangkan oleh netscape untuk membuat suatu halaman web yang aktif dan dinamis. JavaScript dikembangkan secara bebas, terpisah walaupun tadinya dikembangkan dari bahasa pemrograman Java.

Asynchronous Javascript And XML (AJAX) suatu teknik pemrograman baru dalam dunia web yang sedang digemari, karena akses data ke server yang dikirim melalui client via web dapat lebih cepat, karena AJAX tidak perlu melakukan proses loading. AJAX juga dapat diintegrasikan dengan server side programming seperti PHP, ASP, JSP, dll.


untuk info lebih lengkapnya:

0 comments:

Post a Comment