Sunday, May 30, 2010

e-commerce

merupakan cara penyebaran, pembelian, penjualan, promosi barang dan sebagainya dengan memanfaatkan sistem elektronik. sistem e-commerce merupakan bagian dari e-bussiness, yang cakupannya lebih luas termasuk pengkolaborasian mitra bisnis dan sebagainya.
sistem e-commerce dahulu merupakan perdagangan elektronik. namun seiring dengan berkembangnya jaman dan internet, maka lebih dikenal dengan perdagangan web.

beberapa manfaat dari e-commerce ini antara lain:
  • memudahkan pemenuhan kebutuhan. kita dapat mencari barang yang kita butuhkan, sampai barang yang sulit dicari lengkap dengan deskripsinya lalu memesannya via internet atau media elekronik lainnya seperti televisi, telepon ,dll
  • menyediakan jasa pembelian yang cepat tanggap
  • menyediakan harga yang kompetitif, relatif murah walaupun ditambahkan dengan ongkos kirim
  • memperhatikan usulan konsumen seperti mengadakan forum-forum diskusi, dsb
  • menghemat biaya produksi. karena untuk barang etalase, kita tidak perlu membuat banyak barang sampel. cukup satu atau dua saja lalu didokumentasikan
akan tetapi selain banyaknya manfaat diatas, juga terdapat beberapa permasalahan pada e-commerce seperti maraknya pencurian identitas. calon penjual bisa saja memalsukan identitas mereka baik untuk membohongi konsumen ataupun penipuan. selain itu ketidakpuasan pada konsumen apabila tidak mendapat barang yang sesuai dengan keinginan karena umumnya sampel yang ada hanya berupa dokumentasi, tidak mewakili barang yang asli. masalah lain yang ada yaitu kurangnya hukum yang berkembang dalam e-commerce ini sendiri.

berikut merupakan chart bagaimana e-commerce itu berjalan:

1 comments:

eka yulianti idris said...

ohhh jadi saya sudah mengerti..
makasi yah mbak ana tentang postingfan tentang e-commerce...
thx..

hhe..

Post a Comment