Saturday, May 22, 2010

trip lanjutan: kebun raya bogor

sebenernya,  5hari setelah saya dan teman2 mengunjungi TMII, kali mengunjungi KRB untuk melanjutkan tugas. sebenarnya tugas yang diberikan tidak sulit, hanya sukar. hehe
karena kami hanya diharuskan mencatat nama-nama tanaman yang berasal dari Indonesia.
okay, memang terdengar mudah, tapi ketika kami sampai disana, kami benar-benar bingung tanaman apa saja yang harus diamati karena banyaknya tanaman yang ada disana.  bagaimana tidak, berdasarkan situs List of Plants Species Cultivated in the Bogor Botanical Gardens, 2008 mencatat banyaknya spesies yang ada si KRB sebanyak 14567 records. itupun belum termasuk tanaman yang ditanam secara indoor.
selain itu, untuk mengidentifikasinya pun kami juga harus googling lagi untuk mencari data lengkap tiap spesies.
dan salah satu kendala yang terberat muncul dari 1 orang partner kelompok saya. untuk mendokumentasikan data yang akan diambil, saya memakai kamera milik teman saya itu. dia juga menyimpan data-datanya. akan tetapi malam ketika kami akan mengerjakan data-data itu, dia menyatakan data yang dia simpan hilang, dan dia tidak mempunyai backup.
dengan modal nama ilmiah yang telah teman saya catat itu, akhirnya saya dan dia berbagi tugas, mengerjakan dari awal.
*sighs*

tapi bagaimana pun, kami sempat mengabadikan momen jalan-jalan itu, as usual. hehe
here's the pict!

0 comments:

Post a Comment